detail news
Health
12-27-2023

Operasi Katarak Gratis di Namlea, Maluku

Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih, bekerjasama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dan Kementerian Sosial RI, melaksanakan kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak di RSUD Kabupaten Buru pada tanggal 20 dan 21 Desember 2023 dalam Program BNI Berbagi dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional.

Sebanyak 118 mata berhasil dioperasi dengan dibantu oleh dokter dan tim medis dari PERDAMI Sulawesi Utara dan Klinik Mata Maluku yang mengerahkan 3 dokter mata dan 7 tim medis lainnya. 

Operasi katarak merupakan salah satu wujud nyata komitmen BNI terhadap peningkatan kualitas kesehatan masyarakat dan upaya menurunkan angka kebutaan akibat katarak di Indonesia. Kota Namlea merupakakan lokasi ketiga pelaksanaan Bakti Sosial Operasi Katarak kerjasama YPP SCTV Indosiar dan BNI.

Kegiatan ini dihadiri Menteri Sosial RI, Bu Tri Rismaharini; Kepala Cabang BNI Maluku, Bapak Alexander Rosari Naping; dan Ketua Pelaksana YPP, Bapak Abas Yahya.

Menteri Sosial RI memberikan penghargaan kepada YPP SCTV Indosiar dan BNI atas komitmen dalam mendukung pemerintah memberantas buta katarak di Indonesia serta mengucapkan terimakasih atas peran semua pihak sehingga bisa menolong banyak orang.

Profil Pasien:

Ibu Wanjei sudah berusia 76 tahun. Namun, selama 26 tahun, beliau tidak bisa melihat, mata kanan beliau terkena katarak dan sekarang mata kiri beliau pun juga sudah buram karena turut terkena katarak selama 4 tahun terakhir.

Sehingga, semenjak kedua matanya tidak bisa melihat, Ibu Wanjei tidak bisa melakukan kegiatan apapun selain duduk dan tidur.

Ibu Wanjei dulunya berprofesi sebagai seorang petani demi menghidupi keluarganya setelah ditinggal oleh suaminya, 26 tahun yang lalu.

 

Berita Lainnya
news
Kesehatan
01-04-2024
Donor Darah Ramadhan 1445 H di Malang
Selengkapnya
news
Kesehatan
01-04-2024
Donor Darah Ramadhan 1445 H di Surabaya
Selengkapnya
news
Kesehatan
25-03-2024
Donor Darah Ramadhan 1445 H di Jakarta
Selengkapnya